Senin, 30 Juli 2018

Progam pembelajaran individual contoh PPI SMPLB membaca dan berhitung


Program Pembelajaran Individual


1.   Pengertian Program Pembelajaran Individual
Program Pembelajaran Individual (PPI) adalah suatu program pendidikan dalam bentuk pernyataan tertulis, untuk setiap siswa Anak Berkebutuhan Khusus yang dikembangklan berdasarkan hasil pertemuan Tim Pengembang PPI.

2.   Isi Program Pembelajaran Individual
a.   Pernyataan tentang taraf kinerja anak saat ini
b.   Pernyataan tentang tujuan umum dan tujuan khusus pembelajaran untuk jangka waktu tertentu (1  Semerter / 2 Semester)
 c.  Pernyataan tentang bentuk layanan khusus yang tersedia bagi setiap siswa dengan kebutuhan khusus dan perluasan untuk mengikuti program regular.
 d.   Proyeksi waktu yang digunakan untuk memulai kegiatan dan antisipasi waktu pelayanan
 e.   Kriteria pencapaian tujuan pembelajaran dan prosedur evaluasi

3.   Kegunaan Program Pembelajaran Individual
Program Pendidikan Individu untuk menjamin bahwa siswa dengan kebutuhan khusus memiliki suatu program yang diindividualkan untuk mempertemukan kebutuhan untuknya dan mengkomunikasikan secara tertulis kepada individu-individu yang berkepentingan.

4.   Langkah-langkah Pengembangan Program Pembelajaran Individual
a.      Membentuk Tim
b.     Membentuk Asesmen kekuatan, kelemahan dan minat anak
c.      Membentuk tujuan umum (jangka panjang) dan tujuan khusus (jangka pendek) pembelajaran.
d.     Membentuk prosedur dan metode pembelajaran
e.      Membentuk metode evaluasi kemampuan anak

5.   Tim Program Pembelajaran Individual
a.      Guru Pendidikan Khusus
b.     Guru regular/ guru kelas
c.      Diagnostician
d.     Kepala sekolah
e.      Orang tua
f.       Siswa yang bersangkutan (apabila diperlukan)
g.     Spesialis lain (konselor, guru musik, guru seni, guru olahraga dan lain-lain


PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL (PPI)
SMPN 

INFORMASI SISWA
NAMA
:
Fauzul Adhim
JENIS KELAMIN
:
Laki-laki
TEMPAT, TANGGAL LAHIR
:
Sidoarjo, 02 November 2002
NIS
:

KELAS
:
VI C
SEKOLAH
:
SMPN 
SEMESTER/TAHUN PELAJARAN
:
I2/ 2017-2018
ALAMAT
:
Keputih Timur No. 10
KEKHUSUSAN
:
-          Utama/Primer   :  Lambat Belajar / Slow Leaner
-          Tambahan / Sekunder    :  Kesulitan  Berhitung
PENEMPATAN
:
-          Dikelas reguler, setiap harinya belajar bersama anak-anak reguler dikelas tetapi dalam ppi masuk di kelas sumber
STANDAR KURIKULUM
:
Kurikulum 2013



DATA ASESMEN
Sumber Informasi
Tanggal
Ringkasan Hasil
GPK

-          Ananda sudah mampu penjmulahan ratusan. Untuk angka ribuan masih kesulitan.
-          Ananda sudah dapat menulis dengan baik.
-          Ananda masih kurang jelas dalam berbicara
-          Ananda dalam berhitung penjumlahan dan pengurangan sudah faham tetapi dalam menyebutkan , satuan, puluhan, ratusan, ribuan masih kebingungan.
-          Pemahaman bacaan dan materi pelajaran cukup baik.
-          Tanggung jawab menyelesaikan tugas dengan baik dan rapi masih kurang, dikarenakan ada hambatan dalam belajarnya. Seperti menulis terlalu lambat.
-          Pengendalian diri masih kurang.
-          Perhatian (konsentrasi) masih kurang, mudah beralih pada aktivitas yang lain.
-          Motivasi untuk belajar dan berprestasi sangat tinggi.
-          Kemandirian menyelesaikan tugas dalam KBM sedikit lambat
KEKUATAN DAN KEBUTUHAN SISWA
Kekuatan
Kebutuhan
Menulis, membaca.
Berhitung, perkalian dan penjumlahan serta mengenal bilangan satuan, puluhan, ratusan, ribuan.


MATA PELAJARAN ATAU KETRAMPILAN KOMPENSATORIS
MCA: Penyesuaian  dalam pengunaan metode /cara/alat/bahan tanpa merubah isi kurikulum
IK: Penyesuaian terutama dalam materi, isi kurikulum
GAB: Penyesuaian dilaksanakan dalam hal isi dan atau metode/cara/alat secara bersamaan atau bergantian


MATA PELAJARAN/ KECAKAPAN
PENYESUAIAN
MCA
IK
GAB
Bahasa Indonesia



Matematika



PPKN



IPS



IPA



Agama



Bahasa Jawa



Bahasa Inggris



Penjaskes



TIK



Bina diri



Kesenian



Keterampilan berkomunikasi



KEBUTUHAN
ALAT
PENYESUAIAN
Kartu Kata, kartu bilangan
Pada waktu KBM bersama anak reguler tempat duduk di dekat GPK
Gambar buah, Gambar benda-benda
Selalu di tanya dan diberi perhatiian
Selalu di latih untuk membaca dan menulis secara di dikte


PROGRAM LAYANAN KOMPENSATORIS
Keterampilan  Akademik (berhitung)
BASE LINE
-          Mampu menyebutkan dan membedakan antara bilangan satuan, puluhan, ratusan, ribuan.
-          Mampu berhitung perkalian dan pembagian.
INDIKATOR/ TUJUAN JANGKA PANJANG/AKHIR SEMESTER:
-          Mampu penjumlahan dan pengurangan dengan baik.
URAIAN KEGIATAN
TUJUAN PEMBELAJARAN
STRATEGI PEMBELAJARAN
ALAT/TEHNIK PENILAIAN
TAHAP I
Dengan bimbingan dan intruksi dari guru anak mampu menyebutkan dan menulis antara bilanagan satuan, puluhan, ratusan dan ribuan.

Guru menggunakan menggunakann metode drill

Tes Tulis I :
1 = satuan
10 = puluhan
100 = ratusan
1000 = ribuan
Tes tulis II :
8       =   Satuan
14     =   . . . .
506   =   . . . .
5067     =   . . . .


TAHAP II
Dengan bimbingan dan intruksi dari guru anak mampu menghitung perkalian dan pembagian





Guru menggunakan media metode drill dan pembelajaran lansung

Tes Tulis :
10x3 = . . . .
15x5 = . . . .
17x4 = . . . .
35x5 = . . . .
35x8 = . . . .

Pembagian
15 : 3 =. . . .
25 : 5 = . . . .
45 : 3 = . . . .
80 : 4 =. . . .
120 : 4 = . . . .
PERSONAL YANG TERLIBAT
JENIS PELAYANAN
FREKUENSI
LOKASI
GPK
4 hari dalam seminggu
Ruang Sumber
TIM PENGEMBANGAN PPI


Mengetahui                                                                
Kepala sekolah                                                            Guru Pembimbing Khusus
______________                                                            _________________
Nip:                                                                                 Nip:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar