Program Pembelajaran Individual
1. Pengertian Program Pembelajaran Individual
Program Pembelajaran Individual (PPI) adalah suatu program pendidikan dalam bentuk pernyataan tertulis, untuk setiap siswa Anak Berkebutuhan Khusus yang dikembangklan berdasarkan hasil pertemuan Tim Pengembang PPI.
2. Isi Program Pembelajaran Individual
a. Pernyataan tentang taraf kinerja anak saat ini
b. Pernyataan tentang tujuan umum dan tujuan khusus pembelajaran untuk jangka waktu tertentu (1 Semerter / 2 Semester)
c. Pernyataan tentang bentuk layanan khusus yang tersedia bagi setiap siswa dengan kebutuhan khusus dan perluasan untuk mengikuti program regular.
d. Proyeksi waktu yang digunakan untuk memulai kegiatan dan antisipasi waktu pelayanan
e. Kriteria pencapaian tujuan pembelajaran dan prosedur evaluasi
3. Kegunaan Program Pembelajaran Individual
Program Pendidikan Individu untuk menjamin bahwa siswa dengan kebutuhan khusus memiliki suatu program yang diindividualkan untuk mempertemukan kebutuhan untuknya dan mengkomunikasikan secara tertulis kepada individu-individu yang berkepentingan.
4. Langkah-langkah Pengembangan Program Pembelajaran Individual
a. Membentuk Tim
b. Membentuk Asesmen kekuatan, kelemahan dan minat anak
c. Membentuk tujuan umum (jangka panjang) dan tujuan khusus (jangka pendek) pembelajaran.
d. Membentuk prosedur dan metode pembelajaran
e. Membentuk metode evaluasi kemampuan anak
5. Tim Program Pembelajaran Individual
a. Guru Pendidikan Khusus
b. Guru regular/ guru kelas
c. Diagnostician
d. Kepala sekolah
e. Orang tua
f. Siswa yang bersangkutan (apabila diperlukan)
g. Spesialis lain (konselor, guru musik, guru seni, guru olahraga dan lain-lain
PROGRAM
PEMBELAJARAN INDIVIDUAL (PPI)
SMPN
INFORMASI SISWA
|
||
NAMA
|
:
|
Fauzul Adhim
|
JENIS
KELAMIN
|
:
|
Laki-laki
|
TEMPAT,
TANGGAL LAHIR
|
:
|
Sidoarjo, 02 November 2002
|
NIS
|
:
|
|
KELAS
|
:
|
VI
C
|
SEKOLAH
|
:
|
SMPN
|
SEMESTER/TAHUN
PELAJARAN
|
:
|
I2/
2017-2018
|
ALAMAT
|
:
|
Keputih Timur No. 10
|
KEKHUSUSAN
|
:
|
-
Utama/Primer : Lambat
Belajar / Slow Leaner
-
Tambahan / Sekunder : Kesulitan
Berhitung
|
PENEMPATAN
|
:
|
-
Dikelas reguler, setiap harinya
belajar bersama anak-anak reguler dikelas tetapi dalam ppi masuk di kelas
sumber
|
STANDAR
KURIKULUM
|
:
|
Kurikulum
2013
|
DATA ASESMEN
|
||||||||
Sumber Informasi
|
Tanggal
|
Ringkasan Hasil
|
||||||
GPK
|
-
Ananda sudah
mampu penjmulahan ratusan. Untuk angka ribuan masih kesulitan.
-
Ananda sudah
dapat menulis dengan baik.
-
Ananda masih
kurang jelas dalam berbicara
-
Ananda dalam
berhitung penjumlahan dan pengurangan sudah faham tetapi dalam menyebutkan ,
satuan, puluhan, ratusan, ribuan masih kebingungan.
-
Pemahaman
bacaan dan materi pelajaran cukup baik.
-
Tanggung jawab
menyelesaikan tugas dengan baik dan rapi masih kurang, dikarenakan ada
hambatan dalam belajarnya. Seperti menulis terlalu lambat.
-
Pengendalian
diri masih kurang.
-
Perhatian
(konsentrasi) masih kurang, mudah beralih pada aktivitas yang lain.
-
Motivasi untuk
belajar dan berprestasi sangat tinggi.
-
Kemandirian
menyelesaikan tugas dalam KBM sedikit lambat
|
|||||||
KEKUATAN DAN
KEBUTUHAN SISWA
|
||||||||
Kekuatan
|
Kebutuhan
|
|||||||
Menulis,
membaca.
|
Berhitung,
perkalian dan penjumlahan serta mengenal bilangan satuan, puluhan, ratusan,
ribuan.
|
|||||||
MATA PELAJARAN ATAU
KETRAMPILAN KOMPENSATORIS
|
||||||||
MCA:
Penyesuaian dalam pengunaan metode
/cara/alat/bahan tanpa merubah isi kurikulum
|
IK:
Penyesuaian terutama dalam materi, isi kurikulum
|
GAB:
Penyesuaian dilaksanakan dalam hal isi dan atau metode/cara/alat secara
bersamaan atau bergantian
|
||||||
MATA PELAJARAN/
KECAKAPAN
|
PENYESUAIAN
|
|||||||
MCA
|
IK
|
GAB
|
||||||
Bahasa
Indonesia
|
||||||||
Matematika
|
||||||||
PPKN
|
||||||||
IPS
|
||||||||
IPA
|
||||||||
Agama
|
||||||||
Bahasa
Jawa
|
||||||||
Bahasa
Inggris
|
||||||||
Penjaskes
|
||||||||
TIK
|
||||||||
Bina
diri
|
||||||||
Kesenian
|
||||||||
Keterampilan
berkomunikasi
|
||||||||
KEBUTUHAN
|
||||||||
ALAT
|
PENYESUAIAN
|
|||||||
Kartu
Kata, kartu bilangan
|
Pada
waktu KBM bersama anak reguler tempat duduk di dekat GPK
|
|||||||
Gambar
buah, Gambar benda-benda
|
Selalu
di tanya dan diberi perhatiian
Selalu
di latih untuk membaca dan menulis secara di dikte
|
|||||||
PROGRAM
LAYANAN KOMPENSATORIS
Keterampilan Akademik (berhitung)
|
|||
BASE LINE
-
Mampu menyebutkan dan membedakan
antara bilangan satuan, puluhan, ratusan, ribuan.
-
Mampu berhitung perkalian dan
pembagian.
|
|||
INDIKATOR/ TUJUAN
JANGKA PANJANG/AKHIR SEMESTER:
-
Mampu penjumlahan dan pengurangan
dengan baik.
|
|||
URAIAN KEGIATAN
|
|||
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
ALAT/TEHNIK PENILAIAN
|
|
TAHAP
I
Dengan
bimbingan dan intruksi dari guru anak mampu menyebutkan dan menulis antara
bilanagan satuan, puluhan, ratusan dan ribuan.
|
Guru
menggunakan menggunakann metode drill
|
Tes
Tulis I :
1
= satuan
10
= puluhan
100
= ratusan
1000
= ribuan
Tes
tulis II :
8 =
Satuan
14 =
. . . .
506 =
. . . .
5067 =
. . . .
|
|
TAHAP
II
Dengan
bimbingan dan intruksi dari guru anak mampu menghitung perkalian dan
pembagian
|
Guru
menggunakan media metode drill dan pembelajaran lansung
|
Tes
Tulis :
10x3
= . . . .
15x5
= . . . .
17x4
= . . . .
35x5
= . . . .
35x8
= . . . .
Pembagian
15
: 3 =. . . .
25
: 5 = . . . .
45
: 3 = . . . .
80
: 4 =. . . .
120
: 4 = . . . .
|
|
PERSONAL YANG
TERLIBAT
|
|||
JENIS PELAYANAN
|
FREKUENSI
|
LOKASI
|
|
GPK
|
4
hari dalam seminggu
|
Ruang
Sumber
|
|
TIM PENGEMBANGAN PPI
|
|||
Mengetahui
Kepala sekolah Guru
Pembimbing Khusus
______________ _________________
Nip: Nip:
Nip: Nip:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar