LAPORAN HASIL ASESMEN ABK
Oleh :
1. Dian Novita Puspito Rini (14010044004)
2. Vika Kurniawati (14010044010)
3. Erni Rela Wati (14010044008)
4. Nanik Setyaningsih (14010044013)
5. Liya dewi mursidta sari (14010044020)
6. Wahyu Putri Rahma (14010044030)
7. Rizky Ila Safitri (14010044048)
8. Diyah Wahyu M.S (14010044044)
9. Tri Suci Rohani (14010044053)
10. Nindya Ayu Librayanti (14010044064)
PENDIDIKAN LUAR BIASA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2014
KATA PENGANTAR
Asslamualaikum Wr.Wb
P uji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayahnya, tugas ini dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Dan dengan tidak mengurangi rasa hormat penulis, penulis ucapkan banyak terima kasih kepada Drs.Sujarwanto,Mpd. karena telah membimbing penulis dalam menyelesaikan makalah ini.Tugas ini di susun dalam rangka memenuhi tugas laporan instrument membaca,menulis dan berhitung terhadap anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu,kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan makalah ini dari pembaca untuk penulis sangat diperlukan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu tidak hanya untuk penulis tetapi juga untuk para pembaca.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Latar Belakang
Asesmen adalah proses mengumpulkan informasi tentang siswa dan kelas untuk maksud-maksud pengambilan keputusan instruksional (Richard I. Arends, 2008: 217). Asesmen berarti proses pengumpulan informasi. Untuk guru, asesmen dilakukan sebagai tujuan memutuskan keterampilan mengajar (James A. Poteet, 1987, 6). Asesmen adalah proses pengumpulan informasi dengan mempergunakan alat dan teknik yang sesuai, untuk membuat keputusan pendidikan berkenaan dengan penempatan dan program pendidikan bagi siswa tertentu (Djadja Rahardja). Asesmen atau penilaian diartikan sebagai kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran berdasarkan kriteria maupun aturan-aturan tertentu (S. Eko Putro Widoyoko, 2012: 3).
Perencanaan penilaian proses serta hasil belajar dan pembelajaran tidak dapat dilepaskan dari perencanaan pembelajaran itu sendiri. Penyusunan rencana penilaian merupakan rangkaian program pendidikan dan pembelajaran yang utuh dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Rencana penilaian disusun agar menjadi referensi guru dalam menyelenggarakan penilaian keseluruhan proses pembelajaran. Di dalam merencanakan penilaian pembelajaran perlu dipahami guru bahwa pembelajaran yang mendidik mengandung dua kata kunci yakni, pembelajaran dan mendidik. Kata pembelajaran memiliki konotasi aktif karena peserta didik secara aktif melakukan kegiatan belajar dalam situasi pembelajaran yang dirancang oleh guru, sedangkan kata mendidik mengandung konotasi proses menjadi (becoming) seorang peserta didik secara komprehensif, baik secara pedagogi (akademik) maupun secara personal (kepribadian), profesional (vokasional), dan secara sosial (kewarganegaraan).
Hasil penilaian pembelajaran adalah hasil analisis sejumlah fakta tentang performance (unjuk kerja) peserta didik dalam proses penguasaan kompetensi yang diharapkan. Fakta-fakta yang dikumpulkan, diolah, dianalisis, diinterpretasi, dan disimpulkan merupakan jabaran kompetensi yang diharapkan (kompetensi dasar minimal) ke dalam sejumlah sub-kompetensi beserta sejumlah indikator dan deskriptor tertentu. Pengumpulan fakta atau bukti kinerja peserta didik menggunakan instrumen yang disusun berdasarkan indikator pencapaian kompetensi.
Maka disimpulkan bahwa asesmen adalah proses mengumpulkan informasi tentang objek (murid) dengan menggunakan alat dan teknik yang sesuai untuk membuat penilaian atau keputusan mengenai objek tersebut. Berdasarkan kesimpulan definisi asesmen tersebut, maka untuk melakukan asesmen diperlukan suatu alat atau instrumen dan teknik sebagai pengumpul informasi dan pertimbangan penilaian mengenai objek.
Tujuan
Tujuan penulisan laporan ini adalah untuk mengetahui keadaan atau kelainan yang dialami peserta didik supaya dalam proses belajar mengajar guru memberikan layanan yang sesuai dengan kelainan yang dialami peserta didik.
ASESMEN AKADEMIK : MATEMATIKA
N A M A |
: |
M.A |
: |
JENIS KEL. |
: L / P |
IQ |
: |
KELAS |
: II |
Anak ke |
: |
Sekolah |
: |
Tgl. Lahir |
: |
Alamat |
: |
Tgl. Asesmen |
: |
Observer/Assesor |
: |
Tanda Tangan Observer/Assesor |
: |
|
|
KECAKAPAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
No |
KECAKAPAN |
RESPON/ JAWABAN |
|
1
|
Menyebutkan/ menunjuklambang bilangan 2 5 3 8 1 9 7 6 10 4 |
Farhan dan jaret sudah bisa menunjukkan lambang bilangan secara acak |
|
2 |
Mengurutkan Isilah titik di bawah ini dengan lambang bilangan yg tepat!
a. 1,.. 3.., 5,., 7,..9, … b. 1,.. 3, 4,.. 6,.. 8,.. , 10 c. 1,.. 3.., 5,., 7,..9, … d. 1,.. 3, 4,.. 6,.. 8,.. ,10
|
Farhan dan jaret sudah bisa mengisi jawaban lambang bilangan sesuai urutan yang tepat |
|
3 |
Simbol Operasi Hitung: (+, -, x, :, <, > )
Isilah titik-titik berikut a. Tulis lambang perkalian … b. Tulis lambang lebih kecil! … c. Tulis lambang penjumlahan! … d. Tulis lambang lebih besar! … e. Tulis lambang pembagian f. Tulis lambang pengurangan. g. 5 …5 =10 h. 8 … 6 =4 i. 10 …3=30 j. 18 …2=9
Isilah dengan memberi tanda<, > a. 4… 6 b. 3… 5 c. 4… 8
|
Farhan saat disuruh menulis tanda lebih besar dan lebih kecil (</>) dia sudah mampu. Tetapi jika disuruh menyebutkan nama lambang operasi hitungnya, ia masih bingung. Jaret saat disuruh menuliskan tanda (</>) sudah mampu. Tetapi dalam menyebutkan nama lambang operasi hitungnya masih bingung. Mereka mampu membandingkan bilangan. Tetapi masih belum mampu menuliskan simbol operasinya. |
|
4 |
Menulis lambang bilangn a. Tulislah lambang bilangan 7! b. Tulislah lambang bilangan 5! c. Tulislah lambang bilamgan 3 ! d. Tulislah lambang bilangan 2 !
|
Mereka sudah mampu menuliskan dan memahami |
|
5 |
Mengurutkan
Isilah titik di bawah ini dengan lambang bilangan yg tepat! a) 1,.. 3.., 5,., 7,..9, … b) 1,. 3, 4,. 6,. 8,. , 10
|
Mereka sudah mampu dalam mengisi lambang bilangan yang tepat |
|
6 |
Nilai TempatSatuan, puluhan, ratusan, danribuan a. 11 = ..puluhan + ..satuan b. 14 = ..puluhan + ..satuan c. 19 = ...puluhan + ..satuan d. 24 = ..puluhan + ..satuan e. 26 = ..puluhan + .satuan f. 125 =..ratusan + ..puluhan +..satuan g. 886 = .. ratusan + .puluhan + .satuan h. 905 =..ratusan + ..puluhan + ..satuan i. 1256 = .. ratusan + ..puluhan + ..satuan j. 7235 = .ribuan + ..ratusan + ..puluhan +..satuan k. 7 puluhan + 3 satuan = … l. 3 ratusan + 5 puluhan + 0 satuan = … m. 9 ribuan + 8 ratusan + 4 puluhan + 2 satuan = …
|
Mereka belum bisa memasukkan bilangan ke puluhan dan satuan |
|
7 |
Mengurut bilangan a. Susunlah bilangan berikut menurut urutan naik 27, 24, 30, 4, 2, -2
|
Farhan dan jaret sudah mampu mengurutkan bilangan dari yang terkecil hingga ke yang terbesar |
|
|
b. Susunlah bilangan berikut menurut urutan turun 18, 24, 9, 4, 2, -4 |
Farhan belum mampu mengurutkan bilangan dari yang terbesar ke yang terkecil. Sedangkan jaret sudah bisa mengurutkan bilangan dari yang terbesar ke yang terkecil dengan benar. |
No |
KECAKAPAN |
DESKRIPSI |
8 |
Susunlah bilangan berikut menurut urutan naik 24,27,26,2
|
Farhan dan jaret sudah mampu mengurutkan bilangan dari yang terkecil hingga ke yang terbesar |
9 |
Hitunglah soal berikut 38 - 25 ___ 12?
|
Mereka belum bisa melakukan operasi hitung penjumlahan dengan angka ratusan |
10 |
Hitunglah -18 +16 =…(Gunakan garis bilangan)
|
|
11 |
Menggunakan sifat asosiatif hitunglah 27+68+35 = …
|
|
12 |
Berapa nilai A dari 38 -6 = 20 – A
|
|
13 |
Selesaikan 4x150 x 8=…?
|
|
14 |
50 x 10 = 10 x 50 =…? (sifat komutatif)
|
|
15 |
(30 x 4) x 10 =30 x ( 4 x 10) =…?(sifat asosiatif)
|
|
16 |
16 x (48 - 32) = (16 x 48) - (16 x 32) =.. (sifat distributif)
|
|
17 |
Hitunglah !
a. 124 : 3 = … ?
b. 156: 3 = … ?
|
|
18 |
Selesaikan 2a+ 5b + 6a =
|
|
19 |
Di halaman ada 4 ekor ayam. Berapa kaki seekor ayam? Berapa banyak kaki 4 ekor ayam?
|
|
Petunjuk: 1.1 Berilah tanda Cek “Ö” bila anak dapat mengerjakan dengan benar 2.1 Berilah tanda plus “+” bila anak dapat mengerjakan dengan bantuan 3.1 Berilah tanda tanda silang “c” bila anak belum/tidak dapat mengerjakan atau salah
PENAFSIRAN
|
jjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjj
REKOMENDASI
|
Pada hari Minggu JARET bersama ayah dan ibu pergi ke Kebun Binatang Surabaya. Pada hari itu pengunjungnya banyak sekali. Di Kebun binatang banyak sekali hewan-hewan yang bermacam-macam jenisnya seperti Gajah, harimau, burung, jerapah, ular, ikan dan onta. Hatiku sangat senang sekali, ingin rasanya aku mengajak teman teman semua. Suatu saat saya ingin bersama-sama teman-teman naik sepeda untuk berkunjung ke kebun binatang Surabaya
Pada hari Minggu FARHAN bersama ayah dan ibu pergi ke Pasar Gedangan. Pada hari itu pengunjungnya banyak sekali. Di Pasar Gedangan banyak sekali jajanan yang bermacam-macam jenisnya seperti onde-onde, bakmi, kue lapis, lemper heemm enaknya. Hatiku sangat senang sekali, ingin rasanya aku mengajak teman teman semua. Suatu saat aku ingin bersama-sama teman-teman naik sepeda pergi belanja ke Pasar Gedangan.
PENAFSIRAN
|
REKOMENDASI
|
SK : 1. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan
KD
: 1.1 Menyebutkan kembali dengan kalimat sendiri isi teks
pendek Berbicara
SK : 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara
lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi
KD : 2.3 Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
1. Mencatat isi pengumuman
Pengumuman berarti berita yang diumumkan
Berita tentang sesuatu
PENGUMUMAN
Sekolah akan
mengadakan kegiatan bersih-bersih.
Kegiatan itu akan diadakan pada:
Hari : Minggu
Tanggal : 20 April 2008
Waktu : Pukul 08.00 sampai dengan 12.00
Peserta : Siswa kelas 2
Semua siswa diharap datang.
Siswa diharap membawa peralatan seperlunya.
isi pengumuman di atas yaitu,
1. ada kegiatan bersih-bersih di sekolah
2. kegiatan itu dilaksanakan pada hari minggu
3. tanggalnya yaitu tanggal 20 april 2008
4. kegiatan itu dimulai pukul 08.00
5. kegiatan itu diikuti oleh siswa kelas 2
2. Mendeklamasikan puisi
deklamasi berarti membacakan puisi
cara membacanya menggunakan gerak yang tepat
selain itu, ucapannya harus jelas
coba bacakan puisi berikut
bacakan dengan gerak yang tepat
bacakan juga dengan ucapan yang jelas
Contoh:
pohon untuk dunia
karya catalina immanuela godeliva
kusembahkan satu pohon
untukmu dunia
kupelihara satu pohon
untukmu dunia
kujaga satu pohon
untukmu dunia
kami sembahkan sejuta pohon
kami pelihara sejuta pohon
kami jaga sejuta pohon
untukmu dunia
hijaukan bumiku
dengan daunmu
sejukkanlah bumiku
dengan ranting dan cabangmu
PENAFSIRAN
|
REKOMENDASI
|
Penutup
Kesimpulan
Menurut perlakuan assesmen ini dapat diketahui bahwa farhan dan jaret masih butuh bimbingan intensif lagi dalam hal berhitung. Sedangkan dalam hal membaca, farhan masih perlu pemantapan lagi dalam pelafalan kosa kata dan huruf-huruf. Dan jaret masih butuh bimbingan lagi agar membacanya tidak lagi ragu-ragu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar