Selasa, 03 November 2020

ASESMEN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

 

 

 

LAPORAN HASIL ASESMEN ABK

 

 

Description: logo_unesa_new.png

 

Oleh :

1.     Dian Novita Puspito Rini                            (14010044004)

2.     Vika Kurniawati                                (14010044010)

3.     Erni Rela Wati                                   (14010044008)

4.     Nanik Setyaningsih                                     (14010044013)

5.     Liya dewi mursidta sari                     (14010044020)

6.     Wahyu Putri Rahma                         (14010044030)

7.     Rizky Ila Safitri                                  (14010044048)

8.     Diyah Wahyu M.S                                       (14010044044)

9.     Tri Suci Rohani                                  (14010044053)

10.      Nindya Ayu Librayanti                            (14010044064)

 

 

 

PENDIDIKAN LUAR BIASA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

2014

 

KATA PENGANTAR

 

 

Asslamualaikum Wr.Wb

 

P uji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayahnya, tugas ini dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Dan dengan tidak mengurangi rasa hormat penulis, penulis ucapkan banyak terima kasih kepada Drs.Sujarwanto,Mpd. karena telah membimbing penulis dalam menyelesaikan makalah ini.Tugas ini di susun dalam rangka memenuhi tugas laporan instrument membaca,menulis dan berhitung terhadap anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu,kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan makalah ini dari pembaca untuk penulis sangat diperlukan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu tidak hanya untuk penulis tetapi juga untuk para pembaca.

 

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Latar Belakang

Asesmen adalah proses mengumpulkan informasi tentang siswa dan kelas untuk maksud-maksud pengambilan keputusan instruksional (Richard I. Arends, 2008: 217). Asesmen berarti proses pengumpulan informasi. Untuk guru, asesmen dilakukan sebagai tujuan memutuskan keterampilan mengajar (James A. Poteet, 1987, 6). Asesmen adalah proses pengumpulan informasi dengan mempergunakan alat dan teknik yang sesuai, untuk membuat keputusan pendidikan berkenaan dengan penempatan dan program pendidikan bagi siswa tertentu (Djadja Rahardja). Asesmen atau penilaian diartikan sebagai kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran berdasarkan kriteria maupun aturan-aturan tertentu (S. Eko Putro Widoyoko, 2012: 3).

Perencanaan  penilaian  proses  serta  hasil  belajar  dan  pembelajaran  tidak  dapat  dilepaskan  dari  perencanaan  pembelajaran  itu  sendiri.  Penyusunan  rencana penilaian merupakan rangkaian program pendidikan dan pembelajaran yang utuh dan merupakan  satu  kesatuan  yang  tidak  dapat dipisahkan  satu  dengan  yang  lainnya. Rencana  penilaian  disusun  agar  menjadi  referensi  guru  dalam  menyelenggarakan penilaian keseluruhan proses pembelajaran.  Di  dalam  merencanakan  penilaian  pembelajaran  perlu dipahami  guru  bahwa pembelajaran yang mendidik mengandung dua kata kunci yakni, pembelajaran  dan mendidik.  Kata  pembelajaran    memiliki  konotasi  aktif  karena  peserta  didik  secara aktif  melakukan  kegiatan  belajar  dalam  situasi  pembelajaran  yang  dirancang  oleh guru,  sedangkan  kata  mendidik  mengandung  konotasi  proses  menjadi  (becoming) seorang peserta didik secara komprehensif, baik secara pedagogi (akademik) maupun secara personal (kepribadian), profesional   (vokasional), dan  secara sosial (kewarganegaraan).

Hasil   penilaian   pembelajaran   adalah   hasil   analisis  sejumlah  fakta  tentang  performance (unjuk kerja) peserta didik dalam proses penguasaan kompetensi yang diharapkan.  Fakta-fakta  yang  dikumpulkan,  diolah,  dianalisis,  diinterpretasi,  dan  disimpulkan merupakan  jabaran  kompetensi  yang  diharapkan  (kompetensi  dasar minimal) ke dalam sejumlah sub-kompetensi  beserta sejumlah   indikator dan deskriptor tertentu. Pengumpulan fakta atau bukti kinerja peserta didik menggunakan instrumen  yang  disusun  berdasarkan  indikator  pencapaian  kompetensi.

Maka disimpulkan bahwa asesmen adalah proses mengumpulkan informasi tentang objek (murid) dengan menggunakan alat dan teknik yang sesuai untuk membuat penilaian atau keputusan mengenai objek tersebut. Berdasarkan kesimpulan definisi asesmen tersebut, maka untuk melakukan asesmen diperlukan suatu alat atau instrumen dan teknik sebagai pengumpul informasi dan pertimbangan penilaian mengenai objek.

 

 

Tujuan

            Tujuan penulisan laporan ini adalah untuk mengetahui keadaan atau kelainan yang dialami peserta didik supaya dalam proses belajar mengajar guru memberikan layanan yang sesuai dengan kelainan yang dialami peserta didik.

 

 

 

 

ASESMEN AKADEMIK : MATEMATIKA

 

 

N A M A

:

M.A

:

JENIS KEL.

:  L / P

IQ

:

KELAS

: II

Anak ke

:

Sekolah

:

Tgl. Lahir

:

Alamat

:

Tgl. Asesmen

:

Observer/Assesor

:

Tanda Tangan Observer/Assesor

:

 

 

 

KECAKAPAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

 

No

KECAKAPAN

RESPON/ JAWABAN

1

 

 

Menyebutkan/ menunjuklambang bilangan

2 5 3 8 1

9 7 6 10 4

Farhan dan jaret sudah bisa menunjukkan lambang bilangan secara acak

2

Mengurutkan

Isilah titik di bawah ini dengan lambang bilangan yg tepat!

 

a.    1,.. 3.., 5,., 7,..9, …

b.    1,.. 3, 4,.. 6,.. 8,.. , 10

c.    1,.. 3.., 5,., 7,..9, …

d.     1,.. 3, 4,.. 6,.. 8,.. ,10

 

Farhan dan jaret sudah bisa mengisi jawaban lambang bilangan sesuai urutan  yang tepat

3

Simbol Operasi Hitung:

(+, -, x, :, <, > )

 

Isilah titik-titik berikut

a.  Tulis lambang perkalian …

b.  Tulis lambang lebih kecil! …

c.   Tulis lambang penjumlahan! …

d.  Tulis lambang lebih besar! …

e.  Tulis lambang pembagian

f.    Tulis lambang pengurangan.

g.  5 …5 =10

h.  8 … 6 =4

i.    10 …3=30

j.    18 …2=9

 

Isilah dengan memberi tanda<, >

a.     4… 6      

b.      3… 5      

c.      4… 8      

 

 

 

Farhan saat disuruh menulis tanda lebih besar dan lebih kecil (</>) dia sudah mampu. Tetapi jika disuruh menyebutkan nama lambang operasi hitungnya, ia masih bingung.

Jaret saat disuruh menuliskan tanda (</>) sudah mampu. Tetapi dalam menyebutkan nama lambang operasi hitungnya masih bingung.

Mereka mampu membandingkan bilangan. Tetapi masih belum mampu menuliskan simbol operasinya.

4

Menulis lambang bilangn

a.  Tulislah lambang bilangan 7!

b.  Tulislah lambang bilangan 5!

c.   Tulislah lambang bilamgan 3 !

d.     Tulislah lambang bilangan 2 !

 

Mereka sudah mampu menuliskan dan memahami

5

Mengurutkan

 

Isilah titik di bawah ini dengan lambang bilangan yg tepat!

a) 1,.. 3.., 5,., 7,..9, …

b) 1,. 3, 4,. 6,. 8,. , 10

 

Mereka sudah mampu dalam mengisi lambang bilangan yang tepat

6

Nilai TempatSatuan, puluhan, ratusan, danribuan


a.  11 = ..puluhan   + ..satuan

b.  14 =  ..puluhan   + ..satuan

c.   19 = ...puluhan + ..satuan

d.  24 = ..puluhan   + ..satuan

e.  26 =  ..puluhan   + .satuan

f.    125 =..ratusan  + ..puluhan   +..satuan

g.  886 =  .. ratusan  + .puluhan + .satuan

h.  905 =..ratusan  + ..puluhan  + ..satuan

i.    1256 =  .. ratusan  + ..puluhan   + ..satuan

j.    7235 = .ribuan + ..ratusan + ..puluhan   +..satuan

k.   7 puluhan + 3 satuan = …

l.    3 ratusan + 5 puluhan + 0 satuan = …

m. 9 ribuan + 8 ratusan + 4 puluhan + 2 satuan = …

 

Mereka belum bisa memasukkan bilangan ke puluhan dan satuan

7

Mengurut bilangan

a.  Susunlah bilangan berikut menurut urutan naik

     27, 24, 30, 4, 2, -2

 

Farhan dan jaret sudah mampu mengurutkan bilangan dari yang terkecil hingga ke yang terbesar

 

b.  Susunlah bilangan berikut menurut urutan turun

18, 24, 9, 4, 2, -4

Farhan belum mampu mengurutkan bilangan dari yang terbesar ke yang terkecil.

Sedangkan jaret sudah bisa mengurutkan bilangan dari yang terbesar ke yang terkecil dengan benar.

 

No

KECAKAPAN

DESKRIPSI

8

Susunlah bilangan berikut menurut urutan naik  24,27,26,2

 

Farhan dan jaret sudah mampu mengurutkan bilangan dari yang terkecil hingga ke yang terbesar

 

9

 

Hitunglah soal berikut

38

- 25  ___

12?

 

 

Mereka belum bisa melakukan operasi hitung penjumlahan dengan angka ratusan

10

Hitunglah -18 +16 =…(Gunakan garis bilangan)

 

 

11

Menggunakan sifat asosiatif hitunglah 27+68+35 = …

 

 

12

Berapa nilai A dari 38 -6 = 20 – A

 

 

13

Selesaikan 4x150 x 8=…?

 

 

14

50 x 10 = 10 x 50 =…? (sifat komutatif)

 

 

15

(30 x 4) x 10 =30 x ( 4 x 10) =…?(sifat asosiatif)

 

 

16

16 x (48 - 32) = (16 x 48) - (16 x 32) =.. (sifat distributif)

 

 

17

Hitunglah !

 

a.    124 : 3 = … ?

 

b.    156:  3 = … ?

 

 

 

18

 

Selesaikan 2a+ 5b + 6a =

 

 

19

Di halaman ada 4 ekor ayam.

Berapa kaki seekor ayam?

Berapa banyak kaki 4 ekor ayam?

 

 

 

Petunjuk:

1.1 Berilah tanda Cek “Ö” bila anak dapat mengerjakan dengan benar

2.1 Berilah tanda plus “+” bila anak dapat mengerjakan dengan bantuan

3.1 Berilah tanda tanda silang “c” bila anak belum/tidak dapat mengerjakan atau salah

 

PENAFSIRAN

Jaret lebih teliti dalam mengerjakan soal matematika meskipun dalam mengerjakannya masih lambat. Sedangkan farhan terlalu cepat, tidak teliti dan asal mengerjakan.

Farhan sudah bisa mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar, namun jika disuruh mengurutkan bilangan dari yang terbesar ke terkecil, ia masih belum bisa.

Mereka juga terlihat masih bingung dan ragu saat disuruh menyebutkan nama lambang operasi hitung.

Mereka juga belum mampu melakukan penjumlahan dengan angka ratusan.

 

jjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjj

 

 

 

 

 

REKOMENDASI

 

 

Jaret perlu motivasi untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya, sedangkan farhan perlu diingatkan kembali tentang ketelitian dalam mengerjakan soal.

Mereka perlu bimbingan lebih lanjut tentang perhitungan. Terutama farhan, dia harus lebih diberi tambahan pelajaaran laagi mengenai matematika.

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Pada hari Minggu JARET bersama ayah dan ibu pergi  ke Kebun Binatang Surabaya. Pada hari itu pengunjungnya banyak sekali. Di Kebun binatang banyak sekali hewan-hewan yang bermacam-macam jenisnya seperti Gajah, harimau, burung, jerapah, ular, ikan dan onta. Hatiku sangat senang sekali, ingin rasanya aku mengajak teman teman semua. Suatu saat saya ingin bersama-sama teman-teman naik sepeda untuk berkunjung ke kebun binatang Surabaya

 

Pada hari Minggu FARHAN bersama ayah dan ibu pergi  ke Pasar Gedangan. Pada hari itu pengunjungnya banyak sekali. Di Pasar Gedangan banyak sekali jajanan yang bermacam-macam jenisnya seperti onde-onde, bakmi, kue lapis, lemper heemm enaknya. Hatiku sangat senang sekali, ingin rasanya aku mengajak teman teman semua. Suatu saat aku ingin bersama-sama teman-teman naik sepeda pergi belanja ke Pasar Gedangan.

 

 

 

 

PENAFSIRAN

Farhan mampu membaca dengan lancar dan benar, tetapi intonasi dalam tanda baca belum tepat. Mampu menjawab pertanyaan.

Jaret mampu membaca dengan benar tetapi lambat dan dengan suara yang lirih, serta ada beberapa intonasi yang kurang jelas pada saat membaca, dalam menjawab pertanyaan masih ragu-ragu.

 
 

 

 

 

 

 

 

 


REKOMENDASI

Farhan dan Jaret perlu pengenalan tanda baca, dan sering-sering latihan membaca agar mereka dapat membaca dengan lancar dan baik.

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


SK            : 1.    Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

KD           : 1.1  Menyebutkan kembali dengan  kalimat  sendiri isi teks
pendek   Berbicara

SK            :  2.   Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara

lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi

KD          :  2.3   Mendeklamasikan puisi dengan  ekspresi yang tepat

 

 1. Mencatat isi pengumuman

Pengumuman berarti berita yang diumumkan

Berita tentang sesuatu

 

PENGUMUMAN

 

Sekolah akan mengadakan kegiatan bersih-bersih.
Kegiatan itu akan diadakan pada:

Hari                    : Minggu

Tanggal              : 20 April 2008

Waktu                : Pukul 08.00 sampai dengan 12.00

Peserta              : Siswa kelas 2

Semua siswa diharap datang.

Siswa diharap membawa peralatan seperlunya.

 

isi pengumuman di atas yaitu,

1. ada kegiatan bersih-bersih di sekolah

2. kegiatan itu dilaksanakan pada hari minggu

3. tanggalnya yaitu tanggal 20 april 2008

4. kegiatan itu dimulai pukul 08.00

5. kegiatan itu diikuti oleh siswa kelas 2

 

2.  Mendeklamasikan puisi

deklamasi berarti membacakan puisi

cara membacanya menggunakan gerak yang tepat

selain itu, ucapannya harus jelas

coba bacakan puisi berikut

bacakan dengan gerak yang tepat

bacakan juga dengan ucapan yang jelas

 

 

 

 

 

 

 

Contoh:

 

pohon untuk dunia

karya catalina immanuela godeliva

 

kusembahkan satu pohon

untukmu dunia

kupelihara satu pohon

untukmu dunia

kujaga satu pohon

untukmu dunia

kami sembahkan sejuta pohon

kami pelihara sejuta pohon

kami jaga sejuta pohon

untukmu dunia

 

hijaukan bumiku

dengan daunmu

sejukkanlah bumiku

dengan ranting dan cabangmu

 

PENAFSIRAN

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 


REKOMENDASI

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Penutup

 

Kesimpulan

Menurut perlakuan assesmen ini dapat diketahui bahwa farhan dan jaret masih butuh bimbingan intensif lagi dalam hal berhitung. Sedangkan dalam hal membaca, farhan masih perlu pemantapan lagi dalam pelafalan kosa kata dan huruf-huruf. Dan jaret masih butuh bimbingan lagi agar membacanya tidak lagi ragu-ragu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar